Minggu, 17 Juli 2016

6 Cara Agar Tulisan Dapat Dipublikasikan



                Menulis adalah sebuah profesi yang sudah banyak diminati sekarang ini. Apalagi bagi kaum wanita bisa dijadikan salah satu pilihan. Karena menulis bisa dilakukan di rumah sehingga ibu dapat terus berkarya tanpa meninggalkan buah hati tercinta.
Namun semuanya membutuhkan suatu proses. Penulis pemula tidak mudah langsung menjadi penulis terkenal tanpa sebuah perjalanan latihan menulisnya. Begitu pula ketika mempublikasikannya penulis harus sabar dan banyak belajar agar tulisannya dapat dipublikasikan dan menuai hasil dari tulisannya.
Bagaimana agar tulisan kita dapat dipublikasikan?
1.    Jadilah penulis yang menulis dengan produktif. Karena banyak pula yang ingin menjadi penulis namun tidak menulis dengan produktif. Inilah masalahnya, seperti ingi menjadi petani tapi malas mencangkul. Jika ingin jadi penulis sukses maka menulislah dari sekarang jangan tunggu ketika waktu luang, menunggu anak-anak besar atau menunggu ketika mood.
2.    Terus asah kemampuan menulis dengan latihan menulis. Karena dengan menulis secara produktif kemampuan menulis akan semakin terasah.
3.     Kuasai apa yang kita tulis. Untuk mendapatkan tulisan yang kaya ilmu maka penulis wajib paham apa yang ia tulis. Untuk mewujudkannya maka penulis harus banyak membaca atau mewawancarai nara sumber untuk mendapatkan informasi akurat.
4.  Belajar dari penulis sukses. Ingin menjadi penulis sukses maka lihatlah para penulis sukses. Bagaimana mereka mampu menjual tulisannya, metode apa yang mereka gunakan atau ide tulisan apa yang dibutuhkan media. Kita bisa bertanya bagaimana langkah untuk mempublikasikan tulisan dengan profesional.
5.      Mempromosikan atau memasarkan  tulisan kita. Ini adalah salah satu cara yang harus kita tempuh untuk mempublikasikan tulisan kita. Gunakan media sosial untuk melakukannya sehingga jaringan kita lebih luas. Kita anggap bahwa tulisan kita adalah sebuah “produk” maka seperti halnya produk lain kita membutuhkan promosi sehingga orang lain mengenal membeli produk kita.
6.      Penolakan adalah proses
Tidak semua yang kita harapkan sesuai dengan kenyataan. Begitu pula ketika penulis mengirim tulisannya. Jika tulisan yang tadinya ingin dipublikasikan namun mendapat penolakan. Maka jangan pernah putus asa namun belajar kembali bagaimana penulis sukses mampu mempublikasikan tulisannya.
Selamat menulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar