Selasa, 24 Mei 2016

5 Langkah Menulis Artikel Argumentasi



Sesuai dengan namanya argumentasi yaitu alasan. Artikel ini adalah artikel yang memberikan alasan kuat terhadap tema tertentu. Alasan inilah yang akan memberi keyakinan kepada pembaca. Sehingga pembaca mengakui ide dan gagasan yang ditulis oleh penulis. Bahkan bisa jadi pembaca akan mengikutinya.
Artikel argumentasi  akan mengemukan alasan, bukti yang kuat disertai oleh contoh yang konkret. Dalam artikel ini akan ditemukan 3 struktur utama yaitu:
1.      Pendahuluan
Bagian awal ini bukanlah inti, namun akan menarik pembaca sehingga pusat perhatian mereka pada satu arah yang akan disampaikan.  Pendahuluan akan menjelaskan secara dasar alasan dikemukanannya sebuah argumentasi
2.      Tubuh argumen
Bagian ini untuk membuktikan sebuah kebenarran yang akan disampaikan. Kebenaran tersebut tidak hanya diungkapkan saja namun membutuhkan suatu analisis, penyusunan dan dikemukakan dengan melakukan eksperimen , observasi juga kesimpulan yang logis dan penyusunan fakta
3.      Ringkasan
Ringkasan adalah kesimpulan untuk membuktikan bahwa kebenaran suatu topik yang disampaikan itu berdasakan suatu proses yang dapat diterima oleh pembaca.
Setelah mengetahui struktur yang terdapat dalam artikel argumentasi, selanjutnya kita menyusun langkah untuk membuatnya. Bagaimana langkah membuat artikelnya?
1.      Menentukan tema atau topik yang akan dibahas dalam sebuah tulisan
2.      Merumuskan semua tujuan penulisannya
3.      Mengumpulkan bahan dan data. Karena artikel ini merupakan penjelasan suatu alasan untuk meyakinkan pembaca. Maka bahan dan data yang benar juga akurat sangat dibutuhkan. Data yang disajikan dapat berbentuk fakta, bukti ataupun pernyataan
4.      Membuat kerangka artikel
Buatlah kerangka artikel atau outline artikel. Hal ini akan memudahkan dalam langkah penulisan, sehingga penulis fokus pada tema tidak melebar ke mana-mana.
5.      Mengembangkan kerangka menjadi sebuah artikel yang menarik.
Sekarang mulailah membuat artikel argumentasi dengan langkah yang sudah dijelaskan diatas. Jangan lupa memperhatikan ejaan, tanda baca dan pemilihan diksi juga kerapian tulisan. Karena hal ini akan sangat berpengaruh pada kenyaman pembaca ketika membaca artikel yang kita tulis.

Selamat menulis dan teruslah berkarya lewat tulisan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar