Kamis, 26 Mei 2016

7 Tips Membuat Tulisan Menarik


Pernah membaca artikel atau buku yang tema dan bahasanya sederhana namun enak dibaca?
Sampai-sampai kita tak sadar sudah hampir selesai membacanya. Itulah salah satu tulisan yang menarik.  Tulisan menarik sudah pasti banyak dicari para pembaca. Seorang penulis harus mampu membuat tulisannya menarik.
Bagaimana ya membuat tulisan menarik?
Yuk, kita intip tips membuat tulisan yang menarik berikut ini!
1.Isi tulisan menarik
  Buatlah isi konten yang membuat pembacanya terhibur, mendapatkan manfaat juga menginspirasi. Untuk mendapatkannya penulis bisa mencari ide dari sekitar kehidupan kita. Tulislah hal-hal yang menjadi topik yang
  diperbincangkan saat ini. Ataupun informasi yang sering dicari. Kemas dalam sebuah tulisan yang sederhana, jelas dan kaya akan manfaat juga informasi.
2.Menulislah dengan hati
  Menulis dengan hati akan menciptakan tulisan yang akan menyentuh hati pembaca juga. Menulis tidak hanya mengejar keuntungan materi saja. Namun kita harus melibatkan hati ketika menulis agar menjadi penulis yang
  produktif. Menulis dengan hati dengan sendirinya akan menulis dengan bahasa dan gaya sendiri yang keluar dari hati dan pemikiran penulis
3.Latihan menulis
  Menulis bukanlah bakat alam, setiap orang mampu menulis. Latihan menulis akan membuat penulis semakin mengasah kemampuan menulisnya sehingga menciptakan tulisan yang menarik.
4.Buat judul yang unik
  Judul adalah kata pertama dalam sebuah tulisan. Maka buatlah judul unik sehingga memberikan kesan pertama yang menarik dan tak terlupakan bagi pembaca.
5.Hindari typo
  Typo kepanjangan dari typpographical error atau kesalahan ketik adalah hal yang wajib dihindari ketika menulis. Maka usahakan fokus ketika mengetik dan baca ulang tulisan yang sudah diketik
6.Pemilihan diksi yang tepat
  Untuk dapat memilih diksi yang sesuai maka penulis harus mengetahui makna kata atau kalimat yang akan ditulis. Sehingga pemilihan diksi akan tepat.
7.Tulisan sesuai dengan fakta
  Tulislah suatu tema menarik berdasarkan faktanya lengkap dengan solusinya. Jangan pernah menulis sesuatu yang mustahil.
Yuk, mulailah menulis dengan hati sehingga tulisan kita memberikan manfaat dan inspirasi bagi orang lain. Teruslah berlatih menulis sehingga tulisan kita minim typo dan diksi yang kita pilih sesuai dan tepat sehingga nyaman ketika membacanya.
Selamat  menulis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar