Minggu, 29 Mei 2016

Langkah Menulis Biografi

Sudah paham kan tentang biografi?

Sudah tahu jenis biografi?

Jika anda sudah membaca artikel sebelumnya pasti sudah kenal dengan biografi dan jenis biografi.
Sekarang kita mulai menulis biografi. Langkah apa yang harus kita lakukan dalam membuat biografi. Yuk, kita intip langkah-langkah  menulis biografi!

1. Tentukan target yang akan kita tulis biografinya
Kita harus memiliki alasan kuat mengapa memilih seseorang untuk dijadikan target objek penulisan biografi. Baik itu atas permintaan target atau keinginan kita sebagai penulis.

2. Melengkapi data target, informasi dan fakta
Tulisan biografi yang akan kita tulis wajib memuat 3 unsur penting tersebut yaitu data, fakta dan informasi. Hal ini dilakukan agar apa yang kita tulis tidak hanya cerita khayal tentang seseorang. Namun ada fakta dan data juga informasi akurat yang menjadi latar belakang penulisan. Apalagi perkembangan tekhnologi saat ini sangat mendukung para penulis untuk mencari informasi dengan mudah dan lengkap.

3. Menentukan judul
Setelah ada data dan fakta juga informasi lengkap tentang target maka langkah selanjutnya adalah menentukan judul. Buatlah judul  menarik dan singkat yang mewakili sisi positif dari biografi tokoh tersebut. Judul yang menarik akan membuat pembaca penasaran untuk membacanya.

4. Menulislah dengan hati
Ketika menulis ciptakanlah suasana yang kondusif, hati yang tenang dan pikiran yang fresh. Menulis dengan hati akan membuat pembaca membacanya dengan hati pula. Menulis dengan hati akan mengungkapkan kejujuran.

5. Perhatikan gaya bahasa dan kerapian tulisan
Gunakanlah gaya bahasa yang sesuai dengan target pembaca. Tidak selalu menggunakan bahasa formal dalam membuat biografi. Karena hal ini akan membuat pembaca jenuh dan bosan. Penulisan biografi dapat ditulis dalam bentuk cerita tau feature. Perhatikan kerapian tulisan karena tulisan yang rapi akan membuat pembaca nyaman ketika membacanya.

6. Minta komentar orang lain
Setelah selesai membuat biografi mintalah pendapat dan komentar orang lain terhadap tulisan kita. Terimalah apapun komentarnya dengan hati terbuka.

Yuk, mulai menulis biografi ,berdasarkan langkah menulis biografi diatas!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar