Sabtu, 25 Juni 2016

5 Langkah Menulis Novel




 

Suka membaca novel?
            Bagi pecinta novel, membaca novel adalah rutinitas yang selalu dilakukan. Apalagi ketika memiliki waktu luang atau ketika waktu menunggu. Beberapa novel menjadi koleksi pribadinya. Jika anda suka membaca novel kenapa tidak mencoba untuk menulis novel?
            Selama kita mau mulai belajar dan memiliki semangat untuk menulis. Tebalnya novel yang harus ditulis bukanlah sebuah masalah yang menyurutkan semangat menulis. Bahkan ini dijadikan sebagai tantangan untuk menyelesaikannya. Ikuti langkah berikut untuk menyelesaikan novelmu!
1.      Menulis pengalaman pribadi
Setiap orang pasti memiliki pengalaman pribadi. Pengalaman yang menyenangkan, menginspirasi bahkan pengalaman yang menyedihkan. Jadikan pengalaman menjadi sebuah kisah yang menarik. Menulis pengalaman pribadi akan lebih mudah, karena kita sendiri yang mengalaminya. Banyak pula novel best-seller yang diangkat dari pengalaman pribadi. Maka mulailah mengemas pengalaman pribadi menjadi cerita jangan hanya menjadi sebuah kenangan saja.
2.      Menentukan karakter
Novel bukan seperti film dimana penonton dapat menentukan karakter dengan melihat pemerannya dari mimik atau bahasa tubuhnya. Maka ketika menulis novel penulis harus pandai memilih dan menentukan kata yang tepat untuk menggambarkan  karakter tokoh dalam novel tersebut.
3.      Menetapkan setting
Setting mencakup tempat, waktu juga suasana atau keadaan. Penulis harus mampu menggambarkan setting yang jelas dengan bahasa yang menarik. Sehingga membawa pembaca pada keadaan atau waktu yang dipaparkan dalam novel tersebut.
4.      Menentukan sudut pandang
Penulis dapat berperan sebagai orang pertama dengan menggunakan kata ganti saya, aku, kita atau kami. Penulis juga bisa berperan sebagai pengamat  dengan menggunakan sudut pandang orang ketiga dengan menggunakan kata ganti dia, ia, merek atau –nya
5.      Membuat dialog untuk menarik emosi para pembaca
Dialog dalam sebuah novel merupakan komponen penting. Dialog inilah yang akan membangkit emosi para pembaca. Bahkan pembaca bisa larut dalam cerita novel tersebut dengan dialog-dialog yang diungkapkan para tokoh. Dialog juga mampu menguatkan karakter dalam tokoh novel yang kita tulis
Semoga langkah membuat novel diatas dapat bermanfaat dan membantu anda belajar menjadi novelis.
Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar