Minggu, 19 Juni 2016

7 Langkah Awal Jadi Freelance




Kemajuan tekhnologi sangat memberikan kesempatan untuk sebagian masyarakat. Khususnya bagi dunia freelancing. Para freelancer memanfaatkan kesempatan di era digital ini dengan menjadi seorang penulis artikel online, penulis ebook, jasa pengelola fanpage, blog atau web.
Awalnya mungkin mereka menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan sampingan. Namun ada yang berani berhijrah menjadikan freenlacer sebagai pekerjaan utama. Itu tergantung keberaniaan dan komitmen anda.
Namun menjadikan freelancer sebagai profesi utama atau sampingan. Kita harus tetap bekerja secara profesional sebagai freelancer. Karena inilah yang akan menentukan masa depan kita. Sebuah pekerjaan yang dikerjakan dengan sepenuh hati.
Ada 7 langkah yang wajib kita ketahui sebelum terjun menjadi freenlancer.
Pertama pengalaman menulis, ini adalah modal utama seorang freelancer. Pengalaman menulis bisa kita mulai dari sekarang dengan menulis apapun yang ingin kita tulis. Semakin kita menulis maka semakin banyak pengalaman yang kita dapatkan. Kita bisa menulis di media sosial, blog bahkan di buku harian sekalipun.
kedua membuat fortopolio tulisan. Penulis profesional tak cukup hanya dengan kata. Untuk menyakinkan klien kita maka kita harus menyertakan beberapa portofolio tulisan kita.
Ketiga, promosikan diri sebagai penulis. Sehebat apapun tulisan yang kita tulis jika hanya di save di komputer orang tak mungkin akan tahu bahwa kita adalah penulis. Maka mulailah publikasikan tulisan dan diri kita sebagai penulis. Internet dan media sosial dapat dijadikan sebagai media promosi
Keempat, terus belajar. Berhenti belajar berarti menutup masa depan. Jika kamu ingin menjadi penulis sukses maka harus haus terhadap ilmunya. Jangan pernah sayang untung berinvestasi untuk ilmu. Belajar dan terus belajar
Kelima, terus bereksplorasi. Teruslah gali ide di sekitar kita dengan mengekspolarnya. Karena hal kecil dan sederhana akan menjadi istimewa jika dikemas dengan tulisan yang indah dan berkualitas.
Keenam, banyak membaca. Bagaimana menjadi penulis freelance yang profesional jika malas membaca. Karena apa yang akan kita tulis jika tak minim kosakata dan pengetahuan. Luangkan waktu membaca minimal 30 menit dalam sehari
Ketujuh, jangan putus asa. Menjadi penulis jangan mudah menyerah karena menulis bukan seperti menjual baju atau makanan. ketika menjual langsung mendapat uang. Butuh proses dan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Siap menjadi freelance writer?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar