Minggu, 05 Juni 2016

Alasan Untuk Konsisten Menulis

Setiap orang sebenarnya bisa menulis. Karena menulis bukanlah bakat namun menulis adalah
keterampilan yang akan berkembang  jika terus diasah. Banyak orang yang suka menulis namun karena berbagai hal dia menulis ketika waktu luang atau ketika mood datang.

Padahal modal utama penulis adalah kosisten dalam menulis. Tanpa konsisten menulis kemampuan dan keterampilannya tidak akan terasah. Menulis adalah sebuah proses sehingga membutuhkan latihan yang istiqomah. Luangkan waktu minimal satu jam sehari untuk menulis.

Ingin jadi penulis tapi menulis hanya seminggu sekali. Waah! Ini adalah kebiasaan yang harus dirubah. Jadi harus menulis setiap hari? Sebaiknya seperti itu penulis harus terus latihan. Menulis, menulis dan menulis.

Ingin jadi penulis?
Buktikan dengan menulis secara konsisten! Ini adalah alasannya mengapa menulis harus konsisten
1. Saat menulis kita akan menjadi diri sendiri. Kita akan menulis dengan lancar apa yang ada dalam pikiran kita. Semua ide dan gaya bahasa kita tuangkan dalam sebuah tulisan sehingga menjadi ciri khas kita.
2. Konsisten dalam menulis seperti mengasah sebilah pisau. Jika terus diasah maka akan semakin tajam. Begitupun dalam menulis. Jika terus dilatih maka keterampilan menulis kita akan semakin baik. Karena tidak ada teori yang paling jitu untuk menjadi penulis hebat selain latihan menulis
3. Menulis akan membuat penulis lebih percaya diri dan kita bangga akan hasil karya kita. Dengan berani mempublikasikan tulisan kita berarti kita telah memiliki rasa percaya dirita akan bangga bahkan tak bisa mengungkapkan dengan kata-kata ketika buku pertama kita terpampang di toko buku.
4. Menulis mengubah kesedihan, masalah atau kesulitan menjadi sebuah ide. Jadilah penulis kreatif ketika memiliki masalah atau kesedihan bukan hanya menangis diatas bantal ataupun mengeluh. Namun tuangkan kesedihan dan masalah dalam sebuah tulisan. Biasanya ketika ada konflik dalam hati tulisan itu akan lebih kena karena kita menulis dengan hati dan mengalami aoa yang kita tulis
5. Menulis akan meningkatkan kreativitas kita. Bisa dibayangkan jika kita tidak kretif dalam menulis. Maka kita akan menulis tema yang sama bahkan tidak memiliki inovasi. Hal ini akan bisa kita atasi jika kita konsisten dalam menulis.

Yuk, mulai konsisten dalam menulis. Karena semuanya berproses tak ada yang instant. Proses dan kesabaran juga konsisten inilah yang akan membuahkan hasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar