Jumat, 17 Juni 2016

7 Tips Jitu Menulis Bagi Penulis Pemula





Anda suka menulis?
Teruslah menulis hingga menghasilkan sebuah karya yang hebat dan menginspirasi. Karena semua penulis hebat terlahir dari penulis pemula yang gigih belajar untuk menjadi tahu.

            Sebuah kesuksesan berawal dari belajar, niat dan kemauan yang keras. Begitu pula dengan para penulis. Tidak mungkin mereka langsung dikenal, bukunya menjadi best-seller bahkan berhasil di filmkan. Semuanya berproses dan membutuhkan waktu juga kesabaran.
            Banyak orang yang suka menulis dan bermimpi menjadi penulis sukses. Namun ada orang yang memperjuangkan mimpinya. Namun adapula orang yang hanya menyimpan mimpinya karena takut dengan sebuah tantangan.
            Kunci dari kesuksesan menulis adalah terus berlatih menulis dan menulis. Berikut adalah 7 tips jitu menulis bagi penulis pemula.
1.      Banyak membaca
Jika kita suka menulis maka harus suka membaca. Membaca adalah modal bagi penulis. Bagaimana penulis akan menuangkan kata-kata dalam tulisannya jika dia sendiri minim kosa kata dan pengetahuan, karena malas membaca.
2.      Disiplin menulis
Untuk mengasah kemampuan menulis maka penulis harus disiplin dalam menulis. Misalnya harus memiliki komitmen menulis setiap hari. Karena sukses tak mungkin bisa diraih tanpa disiplin.
3.      Semangat menulis
Semangat menulis adalah senjata ampuh untuk mengusir rasa malas. Semangatlah yang membuat penulis mampu menyelesaikan karyanya hingga selesai apapun tantangannya.
4.      Siap dikritik
Seseorang mengkritik tulisan kita bukan berarti membenci kita. Namun, jadikan kritikannya sebagai penyemangat untuk menulis lebih baik lagi.
5.      Selalu meminta saran
Apapun yang kita tulis bukan hanya kita yang membaca. Sehingga ada kemungkinan kita menganggap tulisan kita keren. Namun, orang lain menilai sebaliknya. Maka saran dari orang lain sangat kita butuhkan untuk menjadikan tulisan kita lebih berkualitas
6.      Menulis dengan kata-kata yang sederhana
Hindari pemborosan kata-kata dengan menulis berbelit-belit. Gunakanlah kata-kata yang sederhana namun mewakili  seluruh topik yang akan disampaikan kepada pembaca.
7.      Percaya diri
Jangan pernah malu untuk mempublikasikan tulisan kita. Mulailah percaya diri untuk memperlihatkan tulisan kita kepada orang lain.

Semoga tips menulis diatas membantu para penulis pemula mewujudkan impiannya.
Selamat berkarya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar