Senin, 27 Juni 2016

Mengapa Naskahmu Ditolak?





“Maaf naskah yang anda kirimkan belum bisa kami terbitkan”
Ini adalah salah satu bentuk penolakan naskah yang kita kirimkan ke penerbit. Pernah mengalami hal tersebut?
Mungkin hampir semua penulis pernah mengalami hal yang sama. Sekalipun para penulis terkenal, pasti pernah mengalami penolakan naskah. Bayangkan naskah yang kita tulis dalam waktu yang lama dengan, menguras energi dan pikiran. Ketika sudah selesai kita kirim ternyata ditolak.
           Tapi jangan pernah patah semangat, terus menulis dan menulis lagi. Perbaiki apa yang kurang dari tulisan kita. Penolakan naskah bukan hal yang harus ditakuti penulis, namun suatu tantangan yang harus dihadapi. Mengapa naskah kita ditolak?
Setiap penerbit memiliki alasan tersendiri terhadap naskah yang ditolak.  Berikut adalah alasan penerbit menolak naskah kita
1.      Isi naskah sudah umum
Penerbit ingin naskah yang unik, fresh dan tidak umum dipasaran. Karena naskah yang sudah umum mungkin membuat pembaca bosan. Ciptakan naskah dimana tema-nya mungkin sudah umum namun buatlah menjadi lebih unik.
2.      Naskah tidak sesuai dengan karakter penerbit
Sebelum mengirimkan naskah kita harus memperhatikan karakter penerbit. Pelajari tema apa yang penerbit butuhkan sehingga kita tidak salah sasaran. Manfaatkan internet untuk mencari informasi kriteria juga karakter naskah yang dibutuhkan oleh penerbit
3.      Tema naskah sudah tidak menjadi trending topik
Handphone atau fashion yang ketinggalan zaman tidak lagi dilirik oleh masyarakat. Begitu pula dengan tema sebuah naskah. Biasanya tema yang sudah ketinggalan zaman tidak dilirik lagi oleh penerbit apalagi dengan bahasa yang kurang menarik.
4.      Kesalahan Teknis penulisan
Editor kadang merasa kesal ketika mengedit menemukan typo dimana-mana. Ditambah penggunaan EYD yang tidak tepat lebih parah lagi menggunakan bahasa alay. Naskah seperti ini walalupun isinya menarik mungkin bisa jadi ditolak penerbit.
            Apapun alasan penolakan penerbit atas naskah kita. Jangan pernah pesimis terus semangat menulis. Semua alasan penolakan penerbit kita pelajari dan cari solusi untuk memperbaikinya. Ingat lho! novel sekelas Harry Potter saja pernah mengalami 14 kali penolakan. Jadi jangan bersedih jika naskahmu ditolak tapi teruslah belajar dan belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar